Menua Dini, Ternyata Kurang Tidur Punya 5 Kerugian Utama!

Aktivitas sehari penuh sering membuat tubuh kita lelah, apalagi yang bekerja setiap hari dari jam 8 pagi hingga 5 sore, sehingga kita merindukan waktu istirahat dengan sekedar menonton televisi, membaca novel, melihat media sosial, ataupun berleha-leha sampai larut malam. Akibatnya kita jadi kurang tidur karena tidur kurang dari 7 jam.

Aktivitas ini seringkali berulang menjadi sebuah kebiasaan yang sebenarnya amat buruk. Selama tidur, tubuh kita memperbaiki dirinya sendiri serta membuang zat-zat sisa tak berguna untuk keberlangsungan hidup kita. Kurang tidur mengurangi kegiataan-kegiatan ini dan membuat tubuh kita tetap lelah. 

Dalam jangka waktu panjang, 5 kerugiaan ini bakal terjadi akibat kurang tidur:

1. Susah Konsentrasi


Sel-sel saraf otak mengalami proses perbaikan atau regenerasi selama kita tidur. Jaringan-jaringan otak yang sehat tetap menjaga fungsi utamanya untuk memperkuat daya ingat, kemampuan memahami, dan membuat keputusan. Kurang tidur menghambat semua aktivitas tadi. Lebih banyak sel saraf tidak sempat diperbaiki daripada yang bisa diperbaiki mengakibatkan penurunan fungsi otak sehingga kita menjadi sulit berkonsentrasi. Alhasil kita keseringan lupa, bisa mengalami kecelakaan pas berkendara, susah belajar hal baru, dan lain-lain sebagainya.
 

2. Memicu Obesitas

Kurang tidur mengurangi aktivitas metabolisme tubuh yang bisa membakar lemak selama tidur. Juga menganggu fungsi hormon dalam pengaturan kekenyangan dan kelaparan. Kalau kita mengetahui orang yang telat tidur dan malah semakin suka makan, kita sekarang tahu bahwa penyebabnya adalah kurang tidur.

 

3. Penuaan Dini

Kita sering dengar para wanita melakukan tidur cantik atau bahasa kerennya bobok cantik untuk menjaga diri tetap cantik sekaligus mengencangkan kulit. Mereka tidak salah karena kolagen dalam kulit menjaga kulit tetap elastis. Nah, kurang tidur bisa merusak kolagen ini dan membuat kita jauh lebih tua. Oleh sebab tubuh melepaskan lebih banyak hormon stress bernama kortisol yang mampu memecah dan merusak struktur kolagen.

4. Penurunan Gairah Seksual

Efek ini lebih kepada orang-orang dalam masa produktif untuk menghasilkan keturunan. Tubuh lelah karena kurang tidur menguras tenaga hanya untuk sekedar konsentrasi, terjaga, maupun beraktivitas sehingga hanya sedikit atau tak ada sama sekali tenaga untuk melakukan aktivitas seksual

5. Rentan Penyakit Serius

Kurang tidur secara tidak langsung menyebabkan imun tubuh semakin melemah. Penyakit-penyakit berbahaya seperti stroke, diabetes, gagal jantung, dan lain sebagainya bakal selalu menghantui selama tubuh kita lelah akibat kurang tidur.

Kerugian yang diakibatkan oleh kurang tidur benar-benar tidak sepadan dengan manfaat yang kita dapatkan. Seringkali kita berpikir tidak apa-apa sampai semuanya terlambat. Sebaiknya kita menjaga dan cukup tidur agar terhindar dari berbagai masalah yang tidak perlu.

0 Komentar