Bukti 5 Manfaat Utama Minum Teh Untuk Kesehatan


Seorang Gadis Minum Teh
(Sumber Gambar: Pexels) 

Berbagai jenis minuman telah beredar luas pada era moderen saat ini. Banyak dari mereka diproduksi dalam jumlah massal sehingga harganya relatif murah dan khalayak umum mampu mengonsumsinya. Beberapa yang dominan adalah kopi, teh, dan cokelat. Masing-masing memiliki pangsa pasarnya sendiri dengan keunggulan masing-masing walau kopi yang sering menjadi topik utama. Kita lupa bahwa teh memiliki keunggulannya tersendiri. Bukan tanpa alasan mereka dikonsumsi tiga negera besar yaitu China, Jepang, dan Inggris.

Dalam legenda China, teh pertama kali ditemukan oleh Kaisar Shen Nong sekitar tahun 2.373 Sebelum Masehi. Waktu itu dia sedang duduk di bawah sebuah pohon dan mulai menuangkan air panas ke sebuah mangkuk saat beberapa helai daun terbawa angin masuk ke mangkuknya. Daun-daun itu mengubah warna air menjadi hijau kecokelatan. Setelah meminumnya, Shen Nong merasa rasa pahit minuman tadi amat unik dan lagi tubuhnya terasa segar bugar sehingga dia mengambil kesimpulan bahwa minuman teh ini menyehatkan. Terbukti kala dia mengonsumsi sesuatu yang beracun, minuman teh ini selalu menolongnya untuk membersihkan racun tersebut.

Cerita tadi terdengar seperti mitos belaka, tapi penelitian membuktikan bawah minuman teh memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Mari kita telusuri 5 manfaat utama teh sebagai berikut:

1. Menangkal Radikal Bebas


Sel Kanker Sedang Menyerang Sel Lain
(Sumber Gambar: Unsplash)

Radikal Bebas adalah sel-sel rusak yang dapat menyebabkan negatif tertentu. Dikatakan bebas karena sel kehilangan molekul penting, lebih tepatnya satu buah elektron dari pasangan elektron dalam sebuah sel, yang merupakan proses alami dalam tubuh kita maupun yang berasal dari luar tubuh. Lebih mudahnya zat sisa dari hasil berbagai hal yang terjadi seperti cedera, paparan sinar matahari, asap rokok, bahkan menghirup udara juga. Karena itu kita butuh asupan antioksidan yang dapat menghilangkan radikal bebas dan menguransi kerusakan sel pada tubuh. Berita baiknya, teh mengandung salah satu jenis antioksidan bernama polifenol yang aktif melindungi tubuh kita, terutama dari kanker.

2. Menurunkan Berat Badan


Sedang Menimbang Berat Badan
(Sumber Gambar: Pexels)

Percaya tidak percaya, teh benar-benar mampu mengurani berat badan karena menghambat penyerapan lemak dalam tubuh. Lemak memang cadangan makanan, tapi lemak yang berlebih membuat tubuh kita gemuk. Teh secara tidak langsung meningkatkan kinerja tubuh dengan mendorong metabolisme dan ikut andil membakar kalori.

3. Mencegah Diabetes


Konsumsi Gula Berlebih Memicu Penyakit Diabetes
(Sumber Gambar: Pexels)

Pemicu utama diabetes itu sebenarnya ketidakmampuan tubuh menggunakan hormon insulin yang diproduksi pankreas sehingga jumlah gula yang beredar dalam darah meningkat pesat. Gula berlebih bisa merusak sel-sel organ tubuh dan memicu penyakit lain selain diabetes. Di sinilah peran teh sangat membantu. Teh mampu meningkatkan kemampuan tubuh kita menggunakan hormon insulin kembali, karena itu, perlu diingat jangan meminum teh bersama gula. Lebih baik minum teh hangat saja.

4. Meningkatan Konsentrasi


Minum Teh Meningkatkan Konsentrasi
(Sumber Gambar: Pexels)

Orang-orang suka sekali bergantung pada kopi agar tetap terjaga, tapi mereka lupa atau tidak tahu kalau teh sebenarnya juga mengandung kafein. Bagi orang yang tidak suka kopi, tidak mampu minum kopi kafein, maupun yang ingin minum kopi dengan keraguan tidak bisa tidur, teh bisa menjadi alternatif oleh sebab mengandung kafein yang lebih rendah dari kopi. 

5. Membantu Melindungi Tulang


Tulang Yang Sehat
(Sumber Gambar: Unsplash)

Teh bisa mencegah tulang dari pengeroposan karena membantu mineralisasi atau pembentukan tulang. Semua ini berkat polifenol dalam teh. Selain mencegah pengeroposan tulang, teh juga sebagai anti-bakteri sehingga mencegah gigi berlubang lebih parah.

Walau memiliki segudang manfaat lain, lima manfaat teh yang kita bahas saja sudah cukup untuk memberitahu kita bahwa minum teh itu sangat baik untuk kesehatan. Selama teh yang kita konsumsi sewajarnya dibarengi gaya hidup sehat, memiliki tubuh yang aman sentosa bakal kita capai. Berarti hidup lebih sehat, bebas penyakit, dan tentu saja panjang umur.

0 Komentar