Bukti 5 Manfaat Minuman Lemon Madu Sebagai Gaya Hidup Sehat Dan Obat Sakit Tenggorokan!

Minuman Lemon Madu

Beberapa tahun lalu tersebar sebuah fenomena yang cukup menarik perhatian orang-orang dalam lingkungan kerja maupun pertemanan. Kita melihat orang-orang mulai mencelupkan dua sampai lima potong lemon dalam air botol, dibiarkan terendam saja sembari airnya diminum habis lalu diisi kembali berulang kali. Media jualan digital turut ikut meramaikan menjual botol-botol minuman dengan filter untuk menaruh potongan-potongan lemon. Iming-iming menjaga kesehatan ala mengonsumsi lemon pun meledak. Semua orang dari berbagai kalangan mencari-cari lemon dan harga lemon melesat tajam sembari permintaan meninggi sementara pasokan tetap atau menurun.

Walau popularitas lemon tak seperti dulu lagi, efeknya akhir-akhir ini menanjak kala para pemilik restoran mulai memasukkan menu minuman lemon madu yang enak serta berkhasiat baik bagi tubuh. Bahkan disandingkan sebagus minuman bandrek. Boleh saja dikatakan baik, namun kita tetap perlu mencari tahu sendiri apakah memang sebaik yang dikatakan orang-orang yang maunya jualannya laku saja.

Berikut dijabarkan 5 manfaat minuman lemon madu:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas Tubuh Meningkat Membuat Badan Sehat
Imunitas Tubuh Meningkat Membuat Badan Sehat
(Sumber Gambar: Unsplash)

Baik lemon maupun madu sudah diyakini mampu memelihara kesehatan tubuh. Gabungan keduanya memberi kita perlindungan berlipat ganda di mana Vitamin C lemon akan membantu menaikkan sistem kekebalan tubuh dibantu oleh antioksidan serta antibakteri madu melawan hal-hal tidak baik dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Minuman Lemon Madu Meremajakan Kulit Laki-Laki Ini
Minuman Lemon Madu Meremajakan Kulit Laki-Laki Ini
(Sumber Gambar: Unsplash)
 

Vitamin C dalam lemon mendorong terbentuknya kolagen yang sudah terbukti meremajakan kulit. Artinya kulit semakin muda, cerah, dan terawat. Di satu sisi, madu juga tidak kalah bagus karena sudah sejak dulu madu digunakan untuk menyembuhkan bekas luka bakar. Luka bakar yang terlihat saja bisa disembuhkan, apalagi luka kulit tak kasat mata pasti akan sembuh total sehingga kulit makin awet.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Seseorang Yang Mencintai Sistem Pencernaannya
Seseorang Yang Mencintai Sistem Pencernaannya
(Sumber Gambar: Unsplash)
 

Juara dalam menjaga kesehatan pencernaan ini jatuh kepada madu. Soalnya madu memiliki kandungan antibakteri yang mampu melawan lebih dari 60 jenis bakteri jahat dan anti peradangan untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan dalam tubuh. Meski demikian, lemon tetap turut menjaga pencernaan karena memiliki kandungan serat bertugas melancarkan pencernaan. Jadi, madu ibarat tentara menjaga keamanan di mana lemon ibarat petugas logistik melancarkan transportasi.

4. Menurunkan dan Menjaga Berat Badan

Seorang Perempuan Selalu Menimbang Berat Badan Setiap Pagi
Seorang Perempuan Selalu Menimbang Berat Badan Setiap Pagi
(Sumber Gambar: Unsplash)
 

Mengonsumsi lemon madu akan membuat seseorang merasa lebih kenyang dengan asupan kalori yang rendah. Hal ini bisa menurunkan berat badan sekaligus menjaga berat badan karena kalori berlebih dalam tubuh bisa dikurangi porsinya.

5. Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit Tenggorokan Bisa Diobati Dengan Minuman Madu Lemon
Sakit Tenggorokan Bisa Diobati Dengan Minuman Madu Lemon
(Sumber Gambar: Unsplash)

Nah, mitos lemon madu bisa meredakan sakit tenggorokan memang benar adanya. Diungkapkan para ahli di National Institutes of Health kalau cairan lemon plus madu mampu membantu memecah lendir dan meradakan nyeri. Ditambah dengan efek masing-masing lemon dan madu maka sakit tenggorokan itu bisa disembuhkan bila rutin diminum.

Sekarang kita tahu kalau air lemon madu itu bagus baik kesehatan kita. Sebaiknya diminum 250 ml setiap hari atau satu cangkir kopi lebih sedikit sebagai perbandingan. Bisa juga diminum sebelum tidur, tetapi bilas mulut dengan air putih pas habis minum untuk membantu menetralkan asam dan mencegah erosi enamel gigi alias biar gigi ngak berlubang. 

Resep lengkap dan tata cara membuat lemon madu bisa dilihat di sini: Cara Membuat Air Lemon Madu

0 Komentar