Bukti 6 Cara Agar Cepat Tidur Sebagai Obat Insomnia!

Insomnia

Hidup pada zaman moderen sekarang ini identik dengan tidur malam-malam. Saat belum maraknya penggunaan lampu, orang-orang biasanya sudah pergi tidur setelah matahari terbenam dan sudah bangun pagi-pagi esok harinya. Mustahil dilakukan hari ini. Belum lagi perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, komputer dan berbagai macam hiburan layaknya film serial, gim, serta kawan-kawannya membuat orang-orang, terutama kaum muda, mulai mengurangi jam tidur dan tidak sedikit yang begadang. Sungguh fenomena berbahaya.

Lama-lama mereka tidak bisa tertidur walau sudah di tempat tidur awal-awal. Terakhir muncullah gangguan tidur bernama Insomnia. Insomnia adalah suatu kondisi seseorang tidak bisa tidur akibat dari berbagai faktor dari stress, trauma, perubahan kebiasaan tidur, obat-obatan, dan lain-lain yang membuat sang penderita kurang tidur sehingga rentan emosi, depresi, maupun cacat mental serta fisik. Efeknya bisa Snowball di mana sebuah masalah kecil akan berlanjut membesar hingga tak terkendali bila tak diatasi.

Untuk mengatasi insomnia ini, kita akan menjabarkan 6 cara agar cepat tidur sebagai obat Insomnia yang merupakan langkah sederhana namun amat efektif:

1. Dinginkan Ruangan

Ruangan Dingin
Ruangan Yang Dingin Bisa Membantu Tidur Lebih Cepat
(Sumber Gambar: Unsplash)
 

Biasanya banyak orang nyaman tertidur dalam suhu sekitar 15-23 derajat Celcius. Suhu rendah tersebut memicu pelepasan hormon melatonin untuk mengajak tubuh beristirahat sehingga kita bisa tertidur perlahan-lahan. AC akan sangat membantu proses ini, kipas angin bisa juga digunakan sebagai alternatif. Yang penting ruangan sejuk dan tidak panas. Mandi air hangat sebelum tidur secara tidak langsung memiliki efek melepas melatonin juga karena tubuh langsung mendinginkan diri sesudah merasa panas.

2. Gelapkan Ruangan

Lampu Remang Dalam Kamar Tidur
Lampu Remang Dalam Kamar Tidur Bisa Membuat Ngantuk
(Sumber Gambar: Unsplash)
 

Percaya tidak percaya, tidur di ruangan gelap membantu seseorang tidur lebih cepat. Kegelapan mengirim sinyal kepada otak, yaitu pada kelenjar pineal, untuk menghasilkan hormon melatonin agar kita mengantuk. Nah, banyak orang tidak bisa tidur kalau ruangan gelap total jadi menggunakan lampu redup pun tidak masalah asal warna lampunya itu merah, kuning, atau orange. Warna-warna itu tidak akan menganggu ritme tidur kita, beda dengan warna biru yang malah membuat kita makin terjaga dan fokus.

3. Pakai Kaos Kaki

Seseorang Pakai Kaos Kaki
Pemakaian Kaos Kaki Buat Makin Cepat Tidur
(Sumber Gambar: Unsplash)
 

Seringkali kita melihat orang-orang tua melakukan hal ini. Mereka mengatakan memakai kaus kaki membantu tidur lebih cepat sehingga kita bertanya-tanya apakah hal ini memang benar adanya sampai jurnal kesehatan tahun 1999 memberikan penjelasan rinci. Singkatnya, kaos kaki menghangatkan kaki kita sehingga melebarkan pembuluh darah yang akan menurunkan suhu tubuh. Suhu tubuh turun berarti pelepasan hormon melatonin meningkat dan kita semakin cepat bisa tertidur.

4. Minum Susu

 Seorang Perempuan Minum Susu
Seorang Perempuan Minum Susu Sebelum Tidur
(Sumber Gambar: Unsplash)

Ada sebuah asam amino yang bisa membantu meningkatkan produksi melatonin. Namanya Triptofan. Berita buruknya, asam amino ini tidak bisa diproduksi oleh tubuh namun bisa didapat dari makanan yang kita makan seperti kacang-kacangan, kedelai, telur, daging ikan, daging ayam, susu, dan lain-lain. Menjelang tidur tentu kita tidak mau makanan berat sehingga dianjurkan lebih baik minum susu, alternatif susu kedelai pun bisa membantu. Ingat, agar efeknya maksimal sebaiknya diminum 45 menit sebelum tidur agar menghasilkan banyak melatonin.

5. Olahraga

Olahraga Bantu Agar Cepat Tidur
Olahraga Bantu Agar Cepat Tidur
(Sumber Gambar: Unsplash)
 

Ada alasan kenapa kita dianjurkan olahraga setiap hari. Selain agar tubuh tetap bergerak dan berat badan tidak naik, olahraga bisa mengurangi stress, mengurangi terjadinya gejala sleep apnea atau gejala pernapasan seseorang berhenti beberapa kali saat tidur yang memicu bangun tengah malam, dan proses penurunan suhu setelah olahraga memicu tubuh memproduksi melatonin. Dengan satu syarat, olahraga 3 atau 4 jam sebelum tidur agar tubuh bisa rileks atau santai.

6. Jernihkan Pikiran Dengan Menulis Jurnal atau Meditasi

Tuangkan Pikiran Dengan Menulis Jurnal
Tuangkan Pikiran Dengan Menulis Jurnal
(Sumber Gambar: Unsplash)
 
Meditasi Membantu Menata Pikiran Agar Tenang
Meditasi Membantu Menata Pikiran Agar Tenang
(Sumber Gambar: Unsplash)

Tidak satu dua kali kita mendengar seseorang tidak bisa tidur akibat otak berpikir otomatis tanpa kita berpikir sama sekali. Benar saja, hal ini sangat di luar kendali kita. Disebabkan stress, banyaknya kejadian yang terjadi, atau banyak hal yang perlu dilakukan sehingga otak mencoba memproses mereka semua dalam satu waktu. Sungguh berita buruk. Kita ingin tidur biar masalah selesai, malah masalah baru datang. Ada dua hal yang bisa dilakukan, yaitu menulis jurnal atau meditasi. Tuliskan semua masalah, hal-hal yang menganggu, serta apa yang perlu dilakukan di dalam sebuah buku sehingga isi otak tertuang pada sebuah wadah yang bisa kita lihat dan bereskan nanti. Bagi yang tidak bisa menulis jurnal, sebaiknya lakukan meditasi dengan cara menarik napas dalam-dalam dan tata pikiran perlahan bahwa kita memang ada masalah ini-itu yang akan diselesaikan nanti. Kedua hal ini lakukan ketika ada banyak pikiran saja jadi kita bisa kembali tidur nyenyak.

Keenam hal di atas tentu tidak mudah dilakukan. Perlu kebiasaan dan tidak serta merta langsung berefek dulu bila gejala insomnia sudah terlanjur parah, namun cobalah dahulu karena banyak orang termasuk penulis artikel ini telah melakukan beberapa hal di atas sehingga bisa kembali tidur norma.

0 Komentar